Kamis, 26 Agustus 2010

Lomba Cerdas Cermat Nasional HUT Pertambangan dan Energi

JAKARTA. Dalam rangka memperingati Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-65 yang jatuh pada tanggal 28 September 2010, Kementerian ESDM akan menyelenggarakan Lomba Cerdas Cermat Nasional Pertambangan dan Energi (LCCNPE).  Lomba tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 25 s/d 27 September 2010, dengan tema “Membangun Generasi Hemat Energi Untuk Masa Depan Bangsa yang Sejahtera”.

LCCNPE akan diikuti oleh siswa/siswi aktif berasal dari SMA/MA/SMK dengan formasi 3 orang peserta dan 1 orang team leader per provinsi. Peserta mengacu pada hasil seleksi Organisasi Siswa Nasional (OSN) Kebumian tahun 2010, sedangkan guru pendamping adalah guru Pembina OSN Kebumian yang ditunjuk oelh Dinas Pendidikan Provinsi masing-masing. Selanjutnya lomba ini akan dibagi menjadi 5 region yaitu:

1. Sumatra;
2. Jawa;
3. Bali, Nusatenggara, Maluku dan Papua;
4. Kalimantan;
5. Sulawesi.

Peserta akan melalui 2 tahapan seleksi (Tes Tertulis dan Cerdas Cermat). Peserta yang lolos kompetisi antar propinsi di tingkat regional, akan melanjutkan pada tahap kedua kompetisi yaitu kompetisi antar region tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Jakarta.

Maksud dan tujuan yang ingin dicapai dari diadakannya lomba ini selain menyemarakkan HUT Pertambangan dan Energi yang Ke-65, adalah memasyarakatkan kebijakan pembangunan ESDM melalui jalur pendidikan menengah. Diharapkan pula dengan lomba ini dapat memupuk kebanggaan dan cinta tanah air melalui pemahaman potensi, pemanfaatan dan konservasi ESDM nasional. Selain itu diharapkan dapat menumbuh-kembangkan sikap positif demokratis di kalangan generasi muda bahwa konservasi ESDM merupakan tanggung jawab seluruh komponen bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar